KUNJUNGI STTD, MENHUB BAGI-BAGI HANDPHONE KE PESERTA DPM DAN TARUNA

Senin, 10 Desember 2018 05:12 pm
Bagikan berita ini   
  


(Bekasi, 10/12) Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, mengunjungi STTD dan menjadi pembicara dalam acara Dialog Nasional pada hari Senin, 10 Desember 2018. Turut menjadi pembicara dalam acara tersebut, Deputi SDM Kementerian PAN & RB, Setiawan Wangsaatmaja, dan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti.

Dalam paparannya, BKS menyampaikan berbagai prestasi yang telah dicapai Kementerian Perhubungan selama 4 tahun berjalan. Capaian-capaian tersebut antara lain perkembangan pembangunan jalan tol yang memiliki target 1852 Km. “Dalam empat tahun saja,” papar BKS, “sudah ada 511 Km jalan tol yang dibangun. Jumlah tersebut menambah 748,47 Km total jalan tol yang telah dibangun dari tahun 1978 sampai dengan 2014, sehingga total jalan tol seluruhnya adalah 1259,47 Km.” Tepuk tangan riuh audiens menyambut pernyataan tersebut.

Pembangunan jalan tol trans Jawa telah dilaksanakan hingga akhir tahun 2018 sepanjang 870 Km, menyusul target di tahun 2019 dengan target tembus Banyuwangi sepanjang 1.150 Km. Pembangunan jalan tol juga dilaksanakan di Papua Barat sepanjang 1070 Km, sedangkan di Papua sepanjang 3160 Km, selama 2015 hingga 2018.

Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang telah dicapai sepanjang 15,7 Km dan rencananya akan mulai beroperasi pada bulan Maret 2019. Pembangunan Kereta Bandara Soekarno-Hatta International Airport sepanjang 34 Km telah selesai dilakukan dan sudah beroperasi sejak Desember 2017.

BKS juga menyampaikan beberapa capaian pemerintah di luar Kementerian Perhubungan seperti penerbitan 14 Juta sertifikat tanah, pemberian Kartu Indonesia Sehat untuk 197 juta jiwa, pembangunan embung, pengembangan badan usaha milik desa, serta prestasi dalam event Asian Games tahun 2018 yang berhasil mempersembahkan peringkat 4 besar Asia, dengan perolehan 34 medali emas, 24 medali perak, serta 43 medali perunggu.

Wawancara Menteri Perhubungan dengan Perwakilan Peserta DPM

Dalam satu kesempatan Farhan, sang pembawa acara, meminta beberapa orang perwakilan dari peserta DPM dan taruna naik ke panggung dan mendapat beberapa pertanyaan dari BKS. Lima orang perwakilan yang memberikan jawaban terbaik mendapatkan hadiah handphone sedangkan yang lainnya mendapatkan hadiah hiburan. Hadiah diserahkan oleh Menteri Perhubungan, Deputi SDM Kementerian PAN & RB, serta Kepala Badan SDM Perhubungan.

Di awal acara, Menteri Perhubungan membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang akan dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan 14 Desember 2018 di STTD. Diklat yang digelar antara lain Diklat Keselamatan Berlalu Lintas Jalan (90 orang), Diklat Orientasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (30 orang), Diklat Pengelolaan Parkir (60 orang), Diklat Emisi Gas Buang (30 orang), Diklat Manajemen Resiko (30 orang), Diklat Penjaga Perlintasan Sebidang (30 orang), dan Diklat Dasar Keselamatan Perkeretaapian (30 orang).

Total jumlah peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang telah dilaksanakan STTD hingga hari ini adalah sebanyak 4410 orang. Diklat Pemberdayaan Masyarakat merupakan program Prioritas Nasional yang ditekankan oleh Kementerian Perhubungan. Selain untuk meningkatkan kompetensi masyarakat kalangan bawah, diklat tersebut diharapkan bisa memperbesar peluang penyerapan tenaga kerja masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup.

Santunan kepada 10 anak yatim di awal acara

Menteri Perhubungan, dalam kesempatan tersebut, juga meresmikan secara simbolik pengoperasian Jabodetabek AirPort Connection dan  peresmian hotel ODua STTD. Hotel ini merupakan upaya diversifikasi usaha STTD sebagai Badan Layanan Umum. Penetapan STTD sebagai Badan Layanan Usaha di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan telah disahkan sejak tahun 2015 melalui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 1334/KMK.05/2015 tanggal 30 Desember 2015.

Ribuan taruna dan tamu undangan serta 300 peserta DPM memenuhi Auditorium Giri Suseno, tempat acara tersebut digelar. Acara dipandu oleh pembawa acara kondang, Farhan. Tim brassband kebanggaan STTD turut menghibur para hadirin hingga akhir acara. (Rhm)


Beri Komentar untuk Berita Ini