STTD dan KOICA Buka Kerja Sama Pelatihan SDM LRT

Kamis, 01 Februari 2018 07:02 pm
Bagikan berita ini   
  


BEKASI – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) menerima delegasi Korea Internasional Cooperation Agency (KOICA) di STTD pada Kamis (1/2). Delegasi KOICA yang dipimpin oleh Kim Su Yang (KOICA Headquarter/South Asia Department) menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke STTD merupakan studi pendahuluan dalam bidang transportasi guna menjajaki kerjasama dalam melakukan pelatihan di bidang transportasi khususnya kereta api ringan (Light Rail Transit). “Kami menyampaikan terimakasih sudah diperkenankan untuk melakukan kunjungan ke STTD, dan berharap dapat mendapatkan masukan terkait kebutuhan pelatihan SDM LRT yang apabila disetujui maka akan dilaksanakan pada tahun 2019,” lanjutnya.

Disampaikan pula, pihak KOICA berencana memberikan beberapa bantuan untuk pendidikan terkait tekonologi LRT berupa OCC (Operation Control Centre), awak sarana perkeretaapian, tekonologi sarana, teknik kelistrikan, sistem persinyalan, sistem telekomunikasi, PSD (Platform Screen Door) , konstruksi jalur dan bangunan KA, sistem tiketing, dan keselamatan kereta api.

Kepala Bagian Administrasi Umum Ferdinand Anon juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini. “Kami sangat senang atas kesediaan KOICA berkunjung ke kampus STTD. Semoga ini langkah awal untuk kerja sama yang lebih baik dalam pendidikan tranportasi,” papar Anon.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Jurusan Perkeretaapian STTD I Made Suraharta sangat mendukung kunjungan KOICA tersebut. “Pada dasarnya jurusan perkeretaapian sangat mendukung program KOICA karena program yang ditawarkan sejalan rencana pengembangan Program Studi D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian,” lanjut Made.

Lebih dalam lagi, Bambang Drajat, salah satu dosen STTD menyampaikan harapannya agar kerja sama lebih dimungkinkan tidak hanya pelatihan melainkan bantuan untuk peralatan LRT. “Saat ini untuk pembelajaran LRT dibutuhkan peralatan yang spesifik. Semoga KOICA juga mempertimbangkan memberikan bantuan peralatan yang dibutuhkan dalam pembelajaran sehingga taruna dapat secara langsung bersentuhan dengan instrumen LRT,” ungkap Bambang.

Menutup kegiatan kunjungannya, delegasi KOICA mengunjungi fasilitas pengajaran untuk pendidikan transportasi perkeretaapian STTD diantaranya Laboratorium Simulator Lokomotif, Laboratorium Persinyalan dan Operasi, Laboratorium Outdoor Sarana dan Prasarana, Laboratorium Distribusi dan Listrik Aliran Atas, Laboratorium Sistem Pengereman serta Laboratorium Peraga Statis K3.(ury)


Beri Komentar untuk Berita Ini


Berita Terbaru



Kontak Kami

Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi 17520
Phone : +62 21 8254 640
Fax : +62 21 8260 8997
Website : http://www.sttd.ac.id
Email : info@sttd.ac.id

Follow Us