STTD Gelar Psikotes Sipencatar

Rabu, 25 Juli 2018 05:07 pm
Bagikan berita ini   
  


Bekasi – Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat  menyelenggarakan Psikotes pada hari  Rabu dan Kamis, 25 Juli dan 26 Juli 2018. Tes ini berlangsung selama 4 jam, dari pukul 9.00-13.00 WIB, dan diikuti oleh 841 peserta.

Diselenggarakan di Auditorium Giri Suseno Hadihardjono, Psikotes dibuka secara resmi oleh Ketua STTD, Suharto. Dalam sambutannya, Suharto yang juga merupakan alumni STTD, menghimbau kepada seluruh peserta untuk melaksanakan tes dengan sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan dari yang sekian banyak ini ada yang menggantikan saya.” ujarnya memotivasi para peserta. Terpisah dia menambahkan, “Tujuan dari Psikotes ini adalah melihat kepribadian dan sikap dari calon taruna. Kita tahu bahwa kemampuan mental yang baik sangat dibutuhkan dalam membangun transportasi nasional yang lebih baik,”

Pelaksanaan Psikotes kali ini merupakan hasil kerjasama Panitia Sipencatar STTD dengan PT. Esensi Mitra Solusi,  sebuah konsultan psikologi yang telah berpengalaman sejak 2005 dalam melaksanakan Psikotes massal. Dwi Ani Fegda, direktur PT. Mitra Esensi Solusi, membawa tim dengan kekuatan 16 orang termasuk di dalamnya 5 psikolog senior. “Psikotes semacam ini masuk ke dalam kategori blind case, di mana kita tidak bertatap muka langsung dengan peserta. Untuk itu kami menyertakan psikolog-psikolog senior yang sudah berpengalaman sehingga mampu mengambil kesimpulan terbaik dari hasil tes dalam waktu yang singkat,” papar Ani.

Ika Setyorini, koordinator substansi psikotes, menjelaskan bahwa beberapa hal yg dinilai dari tes ini antara lain kecerdasan, kepribadian, dan ketahanan. “Untuk pelaksanaan Psikotes ini, STTD mempercayakan sepenuhnya  kepada pihak ketiga. Hasil tes murni dari mereka dan tidak ada intervensi apapun dari pihak STTD.  Harapan kami, hasil psikotes dapat menggambarkan kepribadian calon taruna yang sebenarnya,” demikian dijelaskan Ika.

Total peserta tes untuk lokasi STTD berjumlah 841 orang yang terdiri dari 563 calon taruna jalur pola pembibitan dan 278 calon taruna jalur reguler. Jumlah tersebut dibagi ke dalam dua gelombang tes. Gelombang pertama dilaksanakan Rabu, 25 Juli 2018 dengan 425 peserta. Sisanya masuk tes gelombang kedua pada hari Kamis, 26 Juli 2018. Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2018.

Psikotes ini merupakan tahapan ketiga dari total rangkaian seleksi penerimaan calon taruna sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Sebelumnya peserta telah melewati seleksi administrasi secara secara online serta Seleksi Kompetensi Dasar berbasis komputer. Lolos dari Psikotes, para calon taruna masih menghadapai dua tahap tes berikutnaya, yaitu Tes Samapta-Kesehatan dan Wawancara Akhir. (Rhm)


Beri Komentar untuk Berita Ini


Berita Terbaru



Kontak Kami

Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi 17520
Phone : +62 21 8254 640
Fax : +62 21 8260 8997
Website : http://www.sttd.ac.id
Email : info@sttd.ac.id

Follow Us