Sinergi Membangun Bangsa, STTD dan FMKI Gelar Kaderisasi Nasional

Sabtu, 03 Februari 2018 06:02 pm
Bagikan berita ini   
  


BEKASI – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) bekerjasama dengan Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) hari ini menyelenggarakan kegiatan Kaderisasi Nasional.

Serangkaian kegiatan kaderisasi Nasional ini diawali dengan pembukaan yang laksanakan di Auditorim Giri Suseno Hadihardjono STTD, dibuka oleh Asrizal selaku Wakil Ketua III STTD.

Dalam sambutannya, Asrizal menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menjalin silaturahmi diantara mahasiswa dan taruna Perguruaan Tinggi Kedinasan agar tercipta kerukunan antar perguruan tinggi serta menciptakan kader yang handal dan bersinergi dalam membangun bangsa Indonesia.

Acara dilanjutkan Talkshow dengan tema “Penyulukan Pekan Keselamatan di Jalan” yang disampaikan oleh Erlina Indria Sari selaku Kepala Seksi Kemitraan Direktorat Bina Keselamatan kementerian perhubungan. Talkshow ini diikuti oleh delegasi dari setiap Perguruan tinggi kedinasan serta Siswa SMA/SMK di sekitar Jabodetabek. “Tingginya angka kecelakaan dijalan saat ini sangat memprihatinkan, rata-rata 32 meninggal setiap hari akibat kecelakaan. Untuk itu perlu adanya penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dijalan”, ungkap Erlina. “Langkah antisipatif dalam penanganan terhadap keselamatan berlalu lintas, disusunlah 5 pilar dalam meningkatkan keselamatan dijalan. 5 pilar tersebut adalah manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan”, tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang program pendidikan di setiap Perguruan Tinggi Kedinasan. Diawali dari Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik Akamigas Cepu, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Politeknik Pelayaran SUrabaya, Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi, Politeknik AKA Bogor, Politeknik Keuangan Negara (STAN) , Politeknik Pelayaran Semarang, Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.

Terpisah, Ketua STTD, Suharto, mengatakan, Kaderisasi Nasional akan dilanjutkan dengan Diklat pengurus FMKI yang akan diselenggarakan pada sore hari dan kegiatan Outbond yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (4/1/2018). Tujuannya, kata Suharto, untuk membentuk dan mengembangkan karakter, sikap, etika, produktivitas dan kreativitas serta pola pikir dari calon penerus kepengurusan FMKI agar lebih cerdas, kritis dan solutif. “Selain itu juga meningkatkan silaturahmi antar lembaga dan mahasiswa/taruna/praja Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) serta memperoleh pemahaman dan informasi mengenai konsep dan posisi Perguruan Tinggi Kedinasan dari berbagai perspektif dalam pendidikan Indonesia. Selain itu tujuan dari kaderisasi ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada kader-kader yang akan menjadi pengurus FMKI periode selanjutnya,” ungkap Suharto.(rez)


Beri Komentar untuk Berita Ini