Kuliah Umum Direktur Pembinaan Keselamatan LLAJ

Jumat, 20 April 2018 04:04 pm
Bagikan berita ini   
  


Direktur Pembinaan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ahmad Yani, A.TD., M.T, memberikan kulian umum kepada 780 taruna/i Sekolah Tinggi Transportasi Darat pada hari Kamis, 19 April 2018, di Gedung Auditorium Giri Suseno Hadi Hardjono STTD. Dalam kuliah umum tersebut Ahmad Yani menyampaikan materi dengan tema Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Ahmad Yani menyampaikan bahwa 27 % kecelakaan terjadi di jalan nasional dan 2 % merupakan kecelakaan bus. Kecelakaan yang terjadi bisa ditekan seminimal mungkin ketika 5 pilar peningkatan keselamatan berfungsi dengan semestinya. Lima pilar tersebut terdiri dari Safe Management yang berada di bawah kewenangan Bappenas, Safe Road yang berada di bawah kewenangan Kementerian Pembangunan Umum dan Pemukiman Rakyat, Safe Vehicle yang berada di bawah Kementerian Perhubungan, Safe People yang berada di bawah kewenangan Kepolisian Republik Indonesia, dan Post Crash yang berada di bawah  Kementerian Kesehatan.

Salah satu tugas pokok Direktorat Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, lanjut Ahmad Yani, adalah melakukan fungsi pengawasan. Hal tersebut didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2017. Pelaksanaan fungsi pengawasan yang dilakukan meliputi Audit Keselamatan (Standar Keselamatan), Inspeksi (rekomendasi untuk melakukan perbaikan), serta Pengamatan dan Pemantauan.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat secara berkala melaksanakan Kuliah Umum dengan pembicara yang merupakan praktisi, tokoh atau profesional di bidang tertentu dari berbagai instansi . Hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan taruna STTD.(Rhm)


Beri Komentar untuk Berita Ini