Jenis Burung Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Ada banyak spesies burung yang ada di dunia ini, sebagian sudah sangat langka dan terancam punah. Indonesia juga memiliki beberapa spesies burung yang langka, pada kesempatan kali ini akan kami coba sebutkan apa saja jenis burung yang dimaksud.

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat luas, jadi untuk jenis hewan di dalamnya juga sangat banyak. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan perawatan ekstra. Banyak diantara kita yang lalai dan tidak menjaganya sehingga habitatnya terancam punah.

Melansir dari situs burung kacer.co.id, ada beberapa burung yang harus diperhatikan serius. Burung ini terancam punah, jumlahnya saat ini tinggal sedikit. Bahkan ada juga yang sudah tidak ditemui di alam bebas, hanya ada di penangkaran untuk menyelamatkannya.

Burung Kuau Raja

Kuau Raja adalah burung pertama yang saat ini terancam punah. Burung sangat indah jika dilihat dari warna bulunya. Perpaduan antara warna cokelat dan merah tua pada tubuhnya sangat sempurna. Adanya bercak putih di beberapa bagian sayap dan tubuh juga tidak ketinggalan

Burung ini memiliki kepala yang cukup kecil, warnanya biru tua dan terlihat mengkilap. Di samping matanya terdapat lingkaran warna merah. Ekornya yang panjang dan hanya terdapat beberapa helai bulu menjadi ciri khas yang mudah diingat.

Mentok Rimba

Burung langka di Indonesia selanjutnya adalah Mentok Rimba. Meski dikatakan burung, namun kemampuan terbangnya tidak begitu baik. Hewan ini sebenarnya lebih mirip bebek karena memiliki paruh besar dan pipih, kakinya juga berselaput.

Di Indonesia, hewan ini terdapat di beberapa daerah, salah satunya Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Sayang sekali saat ini jarang ditemui, jumlahnya di alam liar diperkirakan hanya 150 ekor. Burung ini hanya hidup di alam liar di pedalaman hutan.

Baca Juga :   Waspadai Risiko Menggunakan GBWhatsApp

Burung Kehicap Boano

Selain kedua yang disebutkan diatas, Burung Kehicap Boano juga termasuk salah satu yang hampir punah. Burung ini diperkirakan hanya berjumlah 200 ekor saja di alam liar. Habitat aslinya di pulau Buano, Maluku dan tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Meski hampir punah, namun sayangnya burung ini tidak dimasukkan dalam daftar hewan yang dilindungi. Ukurannya tidak terlalu besar, mirip seperti burung kacer. Warnanya di dominasi hitam dan putih yang terbagi merata di semua tubuhnya.

Burung Gagak Banggai

Bukan hanya hampir punah, Burung Gagak Banggai bahkan pernah dinyatakan punah beberapa waktu lalu. Untungnya burung ini kemudian ditemukan lagi di kawasan Pulau Peleng, Sulawesi Tengah. Namun untuk jumlahnya sangat minim, jadi harus dilestarikan.

Itulah beberapa daftar burung di Indonesia yang hampir punah. Masih ada beberapa jenis lain yang belum disebutkan. Namun perwakilan diatas seharusnya sudah cukup untuk menadarkan kita bahwa penting sekali untuk menjaga alam sebagai habitat hewan liar.

Related posts