DHARMA WANITA PERHUBUNGAN RAYAKAN HUT RUMAH BACA DI STTD

Rabu, 08 Agustus 2018 06:08 pm
Bagikan berita ini   
  


BEKASI-Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perhubungan menyelenggarakan peringatan HUT Rumah Baca Saraswati di Gedung Auditorium Giri S Hadihardjono, Sekolah Tinggi Transportasi Darat pada hari Selasa, 7 Agustus 2018. Hadir pada acara tersebut, Ketua DWP Kementerian Perhubungan, Endang Budi Karya Sumadi.

Acara ini diikuti oleh pengurus dan anggota DWP Kementrian Perhubungan, pengurus Rumah Baca Saraswati, dan puluhan anak-anak usia dini yang menjadi anggota rumah baca. Ibu-ibu DWP disambut oleh Ketua STTD, Suharto. Ketua DWP Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat sekaligus ketua panitia acara, Lies Dhalia Budi Setiyadi, berkesempatan membuka acara. Inti dari peringatan tersebut adalah seminar oleh Frieda Mangunsong Siahaan, pengajar Psikologi Pendidikan di Universitas Indonesia. Materi seminar bertema Kunci Sukses  Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. “Perlu ada yang dilakukan untuk mendidik anak, tapi semua itu tergantung pola asuh kita terhadap anak. Bagaimana cara berkomunikasi dengan anak, bagaimana cara mengisi waktu yang bermanfaat, serta alternatif lain cara mendidik anak,” ungkap Dr. Frieda Mangunsong Siahaan, M.Ed. “Ketika kita ingin melakukan sesuatu pada anak, kita lihat seberapa jauh anak mau dan bersedia melakukannya. Ini sangat tergantung pada gaya mendidik anak yang kita miliki,” sambungnya lagi. Selain seminar, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan anak-anak usia dini anggota Rumah Baca Saraswati, penampilan  tari dari Pegawai Direktorat Jendral Perhubungan Darat dan paduan Kulintang serta Brass Band dari taruna-taruni STTD.

“Pada usia yang ke 9 tahun saya mengharapkan anggotanya bisa lebih banyak, tentu saja dengan cara promosi sehingga fasilitas dapat dimanfaatkan untuk anak-anak yang lebih banyak lagi,” ungkap Endang Budi Karya Sumadi. Selain itu beliau juga berharap Rumah Baca Saraswati dilengkapi dengan lebih banyak buku transportasi untuk memperkenalkan transportasi sejak dini kepada anak-anak.  Rumah Baca Saraswati dibuka setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Anak-anak usia dini bisa dating untuk membaca dan belajar dengan nyaman di rumah baca. “Saya harap tempat bisa dibuat lebih nyaman dan lebih luas, dengan buku-buku yang lebih banyak dan up to date. DWP Kementrian Perhubungan unit lain apabila ingin berpartisipasi kami persilakan. Bila dimungkinkan diharapkan dapat membangun rumah baca serupa.”

Berkaitan dengan hari Anak-anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli, DWP Kementrian Perhubungan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai anak-anak lewat pendidikan karakter. Pendidikan karakter pada anak-anak sangat menunjang peningkatan nilai-nilai kebangsaan, menghargai keragamanan serta memiliki kepedulian pada lingkungan. “Saya mengharapkan dari Rumah Baca Saraswati anak-anak yang kita naungi bisa menjadi anak-anak yang haus akan ilmu pengetahuan, berakhlak mulia serta membanggakan nusa dan bangsa,” paparnya. Kepada para taruna dia berpesan khusus, “Tingkatkan kekompakan dan kerukunan antar taruna di STTD dan hindari penggunaan narkoba serta tindak kekerasan, karena masa depan bangsa ada di tangan kalian semua.”

Rumah baca Saraswati adalah rumah baca yang didirikan oleh Dharma Wanita Persatuan Perhubungan Darat pada tanggal 7 Agustus Tahun 2009. Lies Dhalia Budi Setiyadi menjelaskan bahwa rumah baca yang didirikan di Kompleks perhubungan Darat Cibitung ini bertujuan untuk mencerdaskan anak-anak kurang mampu di sekitar lokasi rumah baca. (Prm)


Beri Komentar untuk Berita Ini