Link Terkait

bpsdm

ppsdm

forum

pengaduan

Diploma III LLAJ

DESKRIPSI SINGKAT

Dasar hukum penyelenggaraan Program D.III LLAJ adalah Surat Keputusan Menteri Perhubungan nomor 29/ DL.001/Phb-80 tanggal 5 Desember 1980 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Ahli lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Melalui Program D III LLAJ, taruna taruni dididik untuk menjadi ahli lalu lintas transportasi jalan.

Ijazah yang dikeluarkan oleh Program D. III LLAJ telah diakui dan ditetapkan sederajat dengan Ijazah Diploma III dan dapat dipergunakan dalam persamaan ijazah dan berlaku untuk pengangkatan dalam pangkat pegawai negeri sipil berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 065/U/1981 tentang persamaan ijazah Pendidikan dan Latihan Perhubungan, dengan nama Ijazah Diploma III Ahli Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) dikembangkan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Kompetensi secara umum lulusan pendidikan program D III LLAJ adalah:

  1. Memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar mampu mengamati, mengenali, dan melakukan pendekatan pemecahan masalah dalam bidang ilmunya secara ilmiah.
  2. Mampu menerapkan ilmunya serta mampu menghadapi perubahan dan mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidang keilmuannya.

Berdasarkan acuan di atas, kemudian dikembangkan kompetensi lulusan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang didefinisikan dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan. Kompetensi lulusan tersebut dijabarkan di bawah ini:

Kompetensi lulusan pendidikan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) adalah :

  1. Kompetensi utama lulusan adalah mampu mengidentifikasi aspek –aspek yang berkaitan dengan permintaan dan pelayanan transport dibidang jalan ; melakukan perencanaan transportasi; menidentifikasi biaya operasi kendaraan dan menyusun tarif pentarifan ; mengidentifikasi dan menentukan alternatif pemecahan masalah terkait opersional jalan ;melkukan manajemen operasional angkutan umum; melakukan survey dan analisis data lalu lintas;merencanakan dan mendisain prasarana lalu lintas dan angkutan umum; mengatur lalu lintas; mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan; analisis dan mengusulkan pencegahan kecelakaan; memahami karateristik dan rekayasa kendaraan.
  2. Kompetensi pendukung lulusan adalah mampu bekerja dengan menggunakan teknologi dan terampil di bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) baik secara pelayanan/administratif maupun teknis.
  3. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan mampu berbahasa inggris dan memiliki kemampuan etika profesi yang baik dalam menjalankan tugasnya.